Wisata Sejarah Budaya Pulau Penyengat

Sejarah Budaya Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah Pulau yang terletak dekat kota Tanjung Pinang. Wisata Sejarah Budaya Pulau Penyengat sangat menarik belakangan ini. Banyak sekali Wisatawan Domestik dan Mancanegara datang ke Pulau ini. Penduduk asli puau penyengat adalah Suku Melayu dan juga Bugis. Objek wisata yang paling menarik di sini adalah Rumah adat Melayu. disini anda bisa lihat sejarah kerajaan Melayu dan juga bisa berfoto sepuasnya dengan menggunakan Pakaian adat Melayu.

Dalam itynerary paket tour bintan akan mengunjungi salah satu objek wisata favorit di bintan, yaitu pulau penyengat. Wisata Sejarah Budaya Pulau Penyengat akan mengunjungi beberapa objek wisata di Pulau Penyengat. Pulau Penyengat memiliki daya tarik tersendiri pada para wisatawan. Bila memutuskan untuk mengunjungi Pulau Penyengat, maka anda harus menaiki perahu motor. Keseruan menaiki kendaraan ini di atas air yang jernih adalah hal yang sangat menyenangkan. Di atas perahu anda bisa melihat betapa indahnya Pulau Penyengat yang dikelilingi lautan dan pohon.

Jarak tempuh dari Tanjung Pinang menuju Pulau Penyengat hanya 15 menit. Tempat ini memiliki latar belakang sejarah memperjuangkan Kerajaan Kesultanan Riau yang tepatnya pada abad 18. Cerita sejarah perjuangan Pulau Penyengat, meninggalkan kenangan yang berupa objek wisata Pulau Penyengat bersejarah.
Memang benar bahwa objek wisata Pulau Penyengat di Pulau Penyengat kebanyakan adalah warisan sejarah. Tempat sejarah yang penuh kenangan dan tentu pemandangan di sekelilingnya sangat indah. Bila ingin mengetahui lebih jelasnya tentang objek wisata Pulau Penyengat, maka berikut ini adalah objek wisata yang harus dikunjungi.

Masjid Kuning ( Yellow Mosque )

Anda bisa melakukan beribadah di objek wisata Pulau Penyengat ini. Masjid ini sangat bagus dan warna cat yang mendominasi masjid yaitu kuning dihiasi dengan warna hijau. Cat nya dahulu terbuat dari Kuning telur. Halaman masjid sangat luas dan memiliki pemandangan yang bagus. Ditambah dengan bangunan masjid yang sangat megah membuat wisatawan sangat terkejut.
Lebih terkejut lagi jika melihat objek wisata Pulau Penyengat ini di bagian dalam, anda akan menemukan Al Qur’an yang ditulis tangan oleh para penduduk setempat. Tiga buah lampu yang kristal menggantung cantik pada ruangan tengah masjid. Interior masjid Sultan Riau memang sangat bagus sekali.

Makam Raja Ali Haji

Pernahkah anda dengar  tentang gurindam dua belas ? Pencipta dari gurindam dua belas yaitu sastrawan terkenal Raja Ali Haji. Beliau sangat terkenal sekali dan banyak dikagumi oleh orang. Sebagai sastrawan sekaligus pahlawan yang ikut dalam memperjuangkan Kepulauan Riau membuat beliau dicintai oleh masyarakat.
Pemakanan ini dibuat khusus agar mengingat jasa para pahlawan. Bila berkunjung pada objek wisata Pulau Penyengat pemakaman Raja Ali Haji, sempatkan untuk mengirim Do’a kepada beliau.

Meriam Puntung dan Bangunan Berdinding Tebal

Objek wisata lain yang bisa di lihat disini adalah  gedung mesiu. Dahulu tempat gedung mesiu merupakan tempat untuk menyimpan mesiu. Pada bagian atas gedung terdapat kubah yang tinggi dan bertingkat. Bangunan ini memiliki dinding yang sangat tebal dan warna catnya kuning kusam. Hal tersebut memang cocok karena objek wisata Pulau Penyengat ini memang digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata.
Sejarah lainnya tentang gedung mesiu juga digunakan sebagai tempat penjara. Pada era kerajaan tempat penjara dibagi menjadi empat gedung yang tersebar di Pulau Penyengat. Objek wisata Pulau Penyengat gedung mesiu menyimpan begitu banyak cerita sejarah. Sekarang anda jadi tahu tentang letak penyimpanan senjata di Pulau Penyengat di zaman dahulu.

Makam  Raja Abdurrahman

Makam Raja Abdurrahman terletak dekat dengan gedung mesiu. Makan Muda Riau VII Raja Abdurrahman tepat di depan pintu gerbang. Perbedaan dari makan lainnya, di sini makan nisannya dibuat berbeda menyesuaikan jenis kelamin orang yang meninggal. Terdapat 50 makan di tempat tersebut dari anggota keluarga dan penasihat kerajaan selama mengalami kejayaan.
Tempat wisata yang sangat bersejarah, banyak yang sudah melihat wisata tersebut. Sekarang waktunya untuk anda melihat tempat sejarah yang sangat menakjubkan. Dari empat tempat wisata di atas pilihlah wisata bersejarah yang ingin anda kunjungi terlebih dahulu, agar perjalanan wisata menjadi lebih bersemangat. Untuk mengexplore semua Objek Wisata Sejarah Budaya Pulau Penyengat, kami bisa membantu dengan beberapa penawaran Paket Wisata Bintan 3 Hari 2 Malam. Anda akan kami bawa dengan tour yang memuaskan dan berkesan hingga anda kembali lagi bersama kami Bintan Travel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us