Wisata Tanjung Uban di Pulau Bintan

wisata tanjung uban bintan

by : Ruzaqir Rachman

Bintantravel.net – Ketika anda liburan ke Pulau Bintan tentu anda sebaiknya tidak melewatkan wisata Tanjung Uban. Merupakan tempat yang indah Tanjung Uban adalah kabupaten kota di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini juga termasuk dalam Pulau Bintan yang memiliki pelabuhan laut untuk kapal ekspedisi dan kapal penumpang perintis milik PT. Pelni.

Kota Tanjung Uban juga merupakan akses ke Pulau Batam dan Singapura. Di Tanjung Uban terletak kawasan industri BIIE di Lobam dan kawasan wisata BRC di Lagoi. Sebelum 1963, masyarakat Tanjung Uban menggunakan dolar Singapura dalam transaksi, serta penduduk Kepulauan Riau lainnya. Rupiah Kepulauan Riau (KR) menjadi mata uang penduduk setelah konfrontasi dengan Kerajaan Malaysia sebelum bergabung dengan rupiah sebagai mata uang Republik Indonesia pada tahun 1964.

Meskipun penduduk Tanjung Uban berasal dari berbagai kelompok etnis, seperti yang ditunjukkan di desa mereka bernama, seperti Kampung Jawa (desa Jawa) dan Kampung Bugis (Desa Bugis), tetapi dalam percakapan sehari-hari selalu menggunakan bahasa Kepulauan Melayu.

Bagaimana menuju ke Tanjung Uban?

Untuk mencapai Tanjung Uban anda bisa menggunakan bus dan juga menggunakan kapal ferry. Namun bila anda tidak ingin repot maka anda bisa bergabung dengan paket tour Bintan di salah satu travel. Bintan Travel merupakan travel pilihan dari kami untuk anda. Selain terpercaya dan juga berpengalaman, travel agent ini juga merupakan travel resmi dan professional. Anda bisa menghubungi nomor kontak di website ini untuk informasi paket wisata ke pulau Bintan.

Dengan bus

Jika Anda sudah berada di Tanjung Pinang, Anda dapat naik bus dari Terminal 10 Batu 10 ke Tanjung Uban. Ini akan memakan waktu dua jam perjalanan dengan Bus. Selain itu, Anda juga bisa naik speedboat dari Tanjung Pinang ke Pelabuhan Lobam dan kemudian naik ojek ke Tanjung Uban. Ini akan menghemat banyak waktu tetapi akan dikenakan biaya lebih banyak.

Dengan Kapal

Wisata Tanjung Uban dapat dicapai dari pelabuhan laut Telaga Punggur (Batam) dengan speedboat selama sekitar 15 menit. Selama musim hujan (Oktober-Januari), orang biasanya menggunakan feri yang lebih lambat (penduduk setempat menyebutnya “Ro-Ro”) untuk menghindari gelombang tinggi walaupun dibutuhkan sekitar 45-60 menit perjalanan. Biaya untuk naik speedboat dari Tg. Uban – Punggur sekitar Rp. 30.000-40.000, sedangkan tiket feri adalah setengah dari tiket speedboat.

baca juga : 7 resort di Bintan yang terbaik buat anda